April 1, 2012

TNI AD Tambah Pos Pengamanan di Perbatasan Malaysia

(MDN), BALIKPAPAN - TNI Angkatan Darat (AD) akan menambah 1 Batalyon dan membangun 15 pos pengaman baru di kawasan perbatasan Indonesia-Malaysia di Kalimantan. Penambahan ini melengkapi 1 batalyon dan 29 pos penjagaan yang ada saat ini.
 
"Dalam waktu dekat ini akan ditambah 1 batalyon lagi dan membangun 15 pos baru. Ini sudah disepakati oleh Panglima TNI. Ini upaya kita untuk mengamankan kawasan perbatasan yang panjangnya 1.038 kilometer," kata Pangdam VI Mulawarman Majen Subekti Minggu (1/4) saat melepas 650 personel TNI Kostrad untuk pengamanan perbatasan di Pelabuhan Semayang Balikpapan.

Ia mengatakan dengan adanya penambahan pos dan 1 batalyon tesebut, maka jumlah pos perbatasan akan mencapai 44 dengan jumlah personel 1.300 personel. Dua pos diantaranya telah terkoordinasi dengan tentara Diraja Malaysia yakni di Simenggaris (Bulungan), dan Seliko (Malaysia) yang dijaga 48 personel di tiap pos tersebut.


Penambahan pos pengaman itu akan ditempatkan di sisi barat Kalimantan Timur yakni di Kabupaten Kutai Barat (Kubar) yang saat ini hanya memiliki 3 pos. "Dari 29 pos pengamanan yang ada saat ini, dua diantaranya terkoordinasi dengan tentara Diraja Malaysia. Sedangkan 15 pembangunan pos baru ini akan ditempatkan di Kutai Barat yang saat ini baru ada 3 pos pengamanan," ungkapnya.

TNI Tambah Tank dan Helikopter di Perbatasan Kaltim

(MDN), BALIKPAPAN - Saat ini Kodam VI Mulawarman tengah membangun pengkalan untuk penempatan Tank Leopard di Bulungan, Kaltim. Direncanakan, 2013 mendatang 44 unit peralatan tempur canggih tersebut sudah berada di Kaltim.

"Tahun ini sudah ada anggaran untuk membangun pangkalannya secara bertahap, 2013 sudah siap. Nanti pangkalannya terdapat di Sangatta, Malinau, sedangkan Bulungan sebagai pangkalan utama atau rayon," jelas Pangdam VI Mulawarman, Mayjend TNI Ir Drs Subekti, Msi, M.PA, Minggu (1/4/2012).

TNI berencana melakukan rekruitmen khusus bagi personel yang nantinya akan mengoperasikan 44 Tank Leopard di Bulungan, Kaltim. Subekti, diperlukan SDM khusus guna mengperasikan peralatan tempur canggih tersebut.

"Rekrutmen personelnya sudah dipersiapkan oleh Kavaleri di Bandung. Ini peralatan canggih, jadi perlu SDM yang memang lebih unggul dari kavaleri lainnya," tegasnya.

Selain itu, Kodam VI Mulawarman juga berencana menempatkan helikopter serang, Super Cobra di wilayah Berau. "Kalau di Berau itu kita taruh satu Squadron helikopter serang," ujarnya.  

Sumber: MICOM/Tribunnews
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...