March 5, 2012

Pesawat Antikapal Selam Armada Utara Rusia Mulai Dioperasikan

(MDN), MOSKWA - Armada Utara AL Rusia mulai mengoperasikan kembali pesawat antikapal selam Ilyushin Il-38N yang sudah dimodernisasi, Senin (5/3/2012). Selain dilengkapi kemampuan tempur yang lebih besar, pesawat ini juga akan digunakan untuk riset ilmiah.
 
"Sebuah Il-38N yang sudah dimodernisasi telah diterima pangkalan udara Armada Utara. Pesawat ini memiliki kemampuan tempur yang lebih luas. Pesawat tipe ini juga bisa digunakan untuk memetakan medan magnet dan gravitasi di Laut Es Utara, dan juga untuk menjalankan riset ilmiah oseanografi, sekaligus untuk pengintaian udara dan bawah air," papar juru bicara Armada Utara Kapten Vadim Serga, Senin.

Il-38 adalah pesawat dengan empat mesin baling-baling yang oleh Uni Soviet dikembangkan sebagai pesawat antikapal selam dari pesawat penumpang Ilyushin Il-18 pada awal 1960-an. Menurut buku Military Balance 2010, AL Rusia masih mengoperasikan 29 unit pesawat jenis ini.

Sebagian besar pesawat itu akan menjalani modernisasi menjadi Il-38N, yang dilengkapi sistem sensor Novella. Sistem, yang terdiri atas perangkat komputer digital yang diawaki dua orang, ini, mampu mendeteksi sasaran dalam radius 320 kilometer dari pesawat, dan dilengkapi radar yang mampu mengawasi sasaran di udara, permukaan, dan bawah laut.

Sistem baru ini juga dilengkapi dengan sistem pencitraan termal resolusi tinggi, sistem deteksi anomali magnetis, sistem deteksi optikal, dan detektor anomali gravitasi.

Sumber: Kompas
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...