February 21, 2012

Wamenhan Terima Kunjungan Administrative Vice Minister Jepang

(MDN), Jakarta - Wakil Menteri Pertahanan Sjafrie Sjamsoeddin, Senin (20/2), menerima kunjungan kehormatan Japan Administrative Vice Minister of Defense Hironori Kanazawa, di Kantor Kementerian Pertahanan, Jakarta. Wakil Menhan Sjafrie Sjamsoeddin mengatakan bahwa kunjungan Wakil Menhan Jepang ini sangat berarti bagi kerjasama pertahanan antara Kementerian Pertahanan kedua negara.
 
Dikatakan oleh Wamenhan bahwa dirinya pernah bertemu dengan Pejabat Senior Ditjen Pertahanan Jepang sebelum kemudian berubah menjadi Kementerian Pertahanan Jepang pada November 2006 di Tokyo yang merupakan tonggak awal hubungan kerjasama antara Kementerian Pertahanan kedua negara. Setelah menjadi Kementerian Pertahanan Jepang, Wamenhan juga yang pertama kali melakukan konsultasi  antara Kementerian Pertahanan negara-negara Asean dan Kementerian Pertahanan Jepang. Jadi menurut Wamenhan, secara historis dan organisasi, Kementerian Pertahanan RI dan Kementerian Jepang memiliki pemahaman yang sama.

Sementara itu menurut Sekjen Kemhan Jepang Hironori Kazanawa, Indonesia merupakan negara berpengaruh di Asean yang juga merupakan negara kepulauan dan negara demokrasi seperti juga Jepang, karenanya menurut Sekjen Kemhan Jepang kedua negara memiliki banyak kesamaan termasuk bertetangga dengan negara-negara yang sama, seperti China  dan dirinya berharap Indonesia dan Jepang dapat lebih mengembangkan kerjasama pertahanan karena kedua negara memiliki hubungan yang erat sejak lama. Sekjen Kemhan Jepang juga berharap kunjungannya ini dapat mempererat hubungan pertahanan kedua negara.

Pertemuan tersebut diakhiri dengan penyerahan cinderamata dan Wamenhan menunjukkan maket hasil-hasil industri pertahanan dalam negeri. Usai menemui Wamenhan, Wamenhan Jepang dan delegasi juga menemui Sekjen Kemhan Marsdya TNI Eris Herryanto. Mendampingi  Wamenhan dan Sekjen Kemhan saat menerima kunjungan kehormatan Wamenhan Jepang, Ses Ditjen Strahan Kemhan Brigjen TNI I Wayan Midhio, Dir Analisa Strategi Ditjen Strahan Kemhan Brigjen TNI Paryanto, Dir Kesehatan Ditjen Kuathan Kemhan Brigjen TNI dr Harry Yusmanadi, dan Kepala Puskom Publik Kemhan Brigjen TNI Hartind Asrin.

Sumber: DMC
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...