February 25, 2012

Sukhoi Terlaris Nomor 3 di Dunia

Su-27 SK TNI AU (Foto: Indoflayer.net)
(MDN), MOSKWA - Pusat Analisis Perdagangan Senjata Dunia (CAWAT), lembaga pemikiran yang bermarkas di Moskwa, menyebutkan, pabrikan pesawat Sukhoi asal Rusia diperkirakan akan tetap berada di posisi tiga besar penjual pesawat tempur terlaris di dunia sampai tahun 2015.

"Sukhoi akan mengekspor 109 pesawat tempur dalam tiga tahun ke depan, sementara Lockheed Martin dari AS akan mengekspor 110 pesawat, dan pabrikan Chengdu dari China mengekspor 112 pesawat," tutur Kepala CAWAT, Igor Korotchenko, kepada wartawan di Moskwa, Jumat (24/2/2012) waktu setempat.
 
Nilai total kontrak pembelian pesawat-pesawat Sukhoi oleh pembeli luar negeri sampai 2015 mencapai 5,45 miliar dollar AS (Rp 49,3 triliun). Nilai tersebut membuat pesawat-pesawat tempur Sukhoi menjadi penyumbang terbesar ekspor persenjataan Rusia.

Beberapa negara pembeli utama pesawat-pesawat Sukhoi adalah India, Indonesia, Venezuela, Aljazair, dan Malaysia. Korotchenko mengatakan, dalam tiga tahun terakhir, Sukhoi berhasil menjual 171 pesawat tempur buatannya.

Sumber : Kompas
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...