February 16, 2012

Pembelian Tank Leopard Masih Jalan Terus

(MDN), BATAM - Pemerintah menyatakan proses pembahasan pembelian tank Leopard dari Belanda tetap berjalan. Perbincangan dengan pemerintah Belanda masih dalam proses.

Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro mengatakan, pembelian itu adalah proses antara pemerintah dan pemerintah. "Saya katakan ini on going proccess," ujarnya, Kamis (16/2/2012) di Batam, Kepulauan Riau.
 
Namun, Purnomo tidak menjelaskan lebih lanjut sejauh apa proses itu berjalan. Ia juga tidak menjelaskan penolakan parlemen Belanda atas rencana penjualan itu.

Belanda berencana menjual 119 tank Leopard bekas. Jika transaksi tuntas, Belanda akan mendapatkan 280 juta dolar AS dari Indonesia.

Namun, rencana itu dihadang baik di Belanda maupun di Indonesia. Parlemen Belandan dan Indonesia cenderung menolak rencana itu dengan beragam alasan. 

Sumber: Kompas


Pembelian Leopard Bisa Batal

(MDN), BATAM - Rencana pemerintah membeli tank Leopard bekas dari Belanda bisa saja gagal. Parlemen Belanda tidak merestui rencana transaksi 280 juta dollar AS itu.

Anggota Komisi I DPR TB Hasanuddin mengatakan, parlemen Belanda menolak dengan alasan catatan pelanggaran HAM Indonesia. Mereka khawatir tank itu dipakai untuk menindas rakyat Indonesia seperti terjadi di masa lalu.

"Kalau Pemerintah Belanda tetap mau menjual, parlemen mereka menyiapkan mosi tidak percaya," ujarnya, Kamis (16/2/2012), di Batam, Kepulauan Riau.

Dengan kondisi itu, rencana Indonesia membeli 119 tank bekas dari Belanda bisa gagal. "Pada prinsipnya, DPR setuju modernisasi persenjataan dengan sejumlah syarat," ujarnya.

Pertama, harus ada kepastian tidak ada embargo. Hal itu berdasarkan pengalaman masa lalu di mana sebagian persenjataan Indonesia tidak bisa dipakai karena diembargo negara asal.

Kedua, harus ada transfer teknologi antara pabrik pembuat dengan industri pertahanan dalam negeri. Transfer itu penting untuk kemandirian industri pertahanan dalam negeri. 

Sumber: Kompas
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...