January 19, 2012

Tiga kapal perang Rusia Merapat di Surabaya

Admiral Panteleev Destroyer
19 Januari 2012, Surabaya - Tiga kapal perang Angkatan Laut Rusia masing-masing Admiral Pantelev, Fotiy Krylov dan Boris Butoma merapat di Pelabuhan Tanjung Perak Terminal Jamrud Utara, Surabaya, Kamis.

Kedatangan ketiga kapal perang itu disambut pejabat Kedutaan Besar Rusia di Indonesia dan petinggi Pangkalan Utama Angkatan Laut (Lantamal) V Surabaya, serta tarian khas Surabaya, Remo.


Siaran pers Lantamal V Surabaya menyebutkan, kunjungan ketiga kapal perang Rusia ke Indonesia itu, dalam rangka mempererat hubungan kedua negara, selain melaksanakan latihan bersama dengan TNI AL.

Ketiga kapal perang tersebut direncanakan berada di Surabaya selama empat hari hingga 22 Januari 2012 dan melakukan serangkaian kegiatan.

Sejumlah agenda yang dilakukan awak kapal Rusia selama di Surabaya, antara lain melakukan kunjungan kehormatan ke Komandan Lantamal V, kunjungan perwira TNI AL ke kapal perang Rusia Admiral Pantelev, bertemu Wali Kota Surabaya, dan olahraga bersama di Koarmatim.

Kapal Perang Admiral Pantelev merupakan jenis kapal buru selam, kemudian Fotiy Krylov adalah kapal penyelamat tunda, dan Boris Butoma merupakan kapal tangki laut.

Asisten Operasi Danlantamal V Kolonel Laut (P) Maman Firmansyah mengatakan, pihaknya hanya menyambut kedatangan ketiga kapal perang Rusia itu, baik ketika bersandar maupun bertolak.

Sebelumnya dalam perjalanan dari Selat Malaka hingga Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, kapal Rusia itu mendapatkan pengawalan dari kapal perang Indonesia.

"Kami juga akan kembali mengawal ketiga kapal itu saat bertolak dari Surabaya hingga ke wilayah perbatasan Indonesia," katanya.

Sehari sebelumnya (18/1), Atase Pertahanan Rusia Kolonel Vladimir Fedorovich Afasenkov melakukan kunjungan ke Markas Komando Lantamal V Surabaya untuk melakukan koordinasi terkait kedatangan kapal perang Rusia tersebut.


Sumber: Antara
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...