January 23, 2012

Tak Harus Leopard, TNI Disarankan Lirik T-90 Rusia

MBT T-90 Buatan Rusia (Foto: Defencetalk.com)
INILAH.COM, Jakarta - Rencana pemerintah membeli 100 unit tank Leopard bekas dari Belanda tak bakal mulus.

Selain mendapat penolakan dari parlemen Belanda, kalangan Komisi I DPR juga menyarankan pemerintah membeli langsung kepada Jerman selaku produsen Leopard.

"Buat apa beli dari Belanda, kenapa tidak langsung ke Jerman saja yang jelas-jelas pembuatnya?" ujar anggota Komisi I DPR Ahmad Muzani, Senin (23/1/2012).
 
Sekjen Partai Gerindra ini mengatakan, Komisi I DPR tidak keberatan jika TNI AD ingin memperkuat diri membeli tank tempur kelas berat (main battle tank).

"Kami tidak keberatan jika TNI beli tank, tapi pertanyaannya kenapa harus dari Belanda? Lalu kenapa harus 100 unit? Kemudian apa harus jenis Leopard? Kenapa tidak tank T-90 atau T-72 Rusia?"
T-90 adalah Main Tattle Tank (MBT) buatan Rusia hasil pengembangan dari tank T-72. Tank paling modern di angkatan darat dan marinir Rusia ini dianggap satu kelas dengan tank Leopard 2A6 dan 2A7 buatan Jerman.

Sumber: Inilah



Pengamat: Tank Rusia Juga Canggih


INILAH.COM, Jakarta - Rencana Pemerintah membeli tank Leopard bekas Belanda, mendapat penolakan dari parlemen Belanda. Rusia menjadi alternatif yang pas untuk membeli tank.

"Kalau di Belanda menolak, itu tidak perlu dianggap serius. Kan alternatif saja, tidak perlu repot. Bisa beli dari Rusia," ujar pengamat militer Muhadjir Effendy kepada INILAH.COM, Senin (23/1/2012).

Sebelumnya, parlemen Belanda menolak penjualan tank Leopard dengan alasan meningkatnya pelanggaran HAM di Indonesia. Namun, pemerintah Belanda masih berusaha untuk meminta green light dari parlemennya.

Menurut Muhadjir, Rusia adalah salah satu negera yang memiliki tank yang tergolong bagus. Indonesia, lanjutnya, bisa masuk melalui Rusia. Apalagi, TNI tidak memiliki tank utama sehingga perlu untuk pertahanan.
"Rusia masih besar kemungkinan, tidak harus dari Belanda.
Kita membutuhkan itu untuk memenuhi standar kebutuhan pokok sebagai tank tempur utama, karena kita belum punya," jelas Rektor Universitas Muhammadiyah Malang ini.

T-90 adalah Main Tattle Tank buatan Rusia hasil pengembangan dari tank T-72. Tank paling modern di angkatan darat dan marinir Rusia ini dianggap satu kelas dengan tank Leopard 2A6 dan 2A7 buatan Jerman.

Tank jenis T-90 ini juga dioperasikan oleh sejumlah negara lain seperti India. T-90 merupakan penerus T-72BM dan menggunakan senjata dan 1G46 gunner sight dari T-80U, sebuah mesin baru, dan pengindera panas .

Kecanggihan lainnya adalah peralatan pelindung dari ledak reaktif Kontakt-5, laser warning receiver. Juga pembangkit gelombang elektromagnetik EMT-7 sebagai penghancur ranjau elektromagnetik dan Shtorasistem pengacau rudal anti tank kendali infra merah.
 
Sumber: Inilah
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...