January 31, 2012

Menhub: Percepat Pembentukan Indonesian Coast Guard

China Coast Guard (Foto: www.fyjs.cn)
(MDN), JAKARTA -  Menteri Perhubungan E.E. Mangindaan meminta agar segenap jajaran Kementerian Perhubungan dan pihak-pihak yang terkait untuk mendukung upaya percepatan pembentukan Indonesian Sea and Cost Guard dimaksud. 

"Apabila Indonesian Sea and Cost Guard  terbentuk maka masalah keamanan laut dan pantai, yang sekarang masih dikelola secara sektoral oleh berbagai instansi, akan dapat lebih bersinergi," kata Mangindaan dalam rilis tertulis Kemenhub di Jakarta, Senin (30/1/2012).
 
Selain itu, dengan terbentuknya organisasi baru Indonesian Sea and Coast Guard, akan memberikan kepastian hukum dan kepastian usaha di bidang pelayaran sebab akan mengurangi pengeluaran (cost) bagi para pengusaha yang selama ini masih sering terjadi.  Kondisi ini juga sesuai dengan tuntutan dunia pelayaran internasional yang menginginkan adanya jaminan keamanan dan keselamatan pelayaran di perairan Indonesia.
          
Hal tersebut menurut Menhub tentunya akan menaikkan citra Negara Indonesia di mata internasional sebagai Negara maritim yang mendukung terwujudnya keselamatan dan keamanan pelayaran serta lingkungan maritime yang bersih sebagaimana slogan International Maritime Organization (IMO) yaitu safe, secure and efficient shipping on clean oceans.  

Sebelumnya dikabarkan, pembentukan Indonesian Coast Guard tidak tuntas karena adanya tarik menarik dan kepentingan-kepentingan dari pihak-pihak tertentu. 

Sumber : TribunNews
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...