January 23, 2012

KSAD: Yang Minta Leopard Anak Buah, Saya Wajib Memenuhi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kepala Staf Angkatan Darat, Jenderal TNI Pramono Edhie Wibowo, menegaskan yang meminta tank Leopard bukanlah dirinya. Anak buah yang meminta diadakannya Leopard untuk memperkuat Alutsista TNI AD. "Karena diminta maka saya wajib memenuhinya," jelas Pramono, beberapa waktu lalu.

Dia mengatakan ketika anak buahnya disodorkan daftar Alutsista baru yang diinginkan, kebanyakan menyepakati tank Leopard. Lagi pula, usia tank di Indonesia sudah cukup tua. Sampai saat ini baru bisa diretrofit ringan hingga sedang, belum bisa berat.
 
Tank Leopard dinilainya sebagai tank berat yang sangat dibutuhkan untuk penguatan pertahanan. Tank tersebut nantinya akan disebar ke seluruh batalyon TNI AD. Saat ini pihaknya masih terus mendorong proses pengadaannya agar ada kesepakatan sehingga tank yang didatangkan dari Belanda tersebut dalam dilaksanakan.

Sumber: Republika


Prabowo Subianto Mengecam Parlemen Belanda


REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Prabowo Subianto mengecam parlemen Belanda yang tiba-tiba menolak penjualan tank Leopard ke Indonesia dengan alasan takut digunakan untuk tindakan pelanggaran hak asasi manusia. Mantan Komandan Jenderal Kopassus ini menyatakan sikap pemerintah Belanda harus tegas apakah jadi menjual Leopard ke Indonesia atau membatalkannya.
"Mereka mau jual ngga? Kalau mereka mau jual, kita beli. Kalau tidak, ya tidak (dibeli)," cetus Prabowo.
Prabowo mendukung rencana Kementerian Pertahanan membeli 100 tank tempur utama Leopard dari pemerintah Belanda seharga 280 juta dollar AS. Pembelian tersebut tidak menjadi masalah jika harganya murah. "Kalau saya, asal harganya tidak terlalu mahal, saya kira oke-oke saja," ujar Prabowo.

Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD), Jenderal Pramono Edhie Wibowo, mengatakan hingga kini tidak ada perubahan rencana pembelian 100 tank Leopard. Karena itu, pihaknya berusaha merealisasikan pembelian itu sebagai wujud modernisasi alutsista setelah 20 tahun tidak melakukannya. Keunggulan MBT Leopard meliputi kemampuan daya gerak, tembak, daya kejut dan penghancuran.
 
Sumber: Republika
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...