January 24, 2012

KRI Pati Unus-384 Muhibah ke India

KRI Pati Unus-384 korvet kelas Parchim. (Foto: Dispenal)
Jakarta: Salah satu Kapal Republik Indonesia (KRI) di bawah jajaran Komando Armada RI Kawasan Barat (Koarmabar) yakni KRI Pati Unus-384 melakukan muhibah ke Port Blair India. Muhibah tersebut diberi sandi Operasi Satuan Tugas (Satgas) MILAN 2012.

Selain memenuhi undangan Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) India pada kegiatan MILAN 2012, kunjungan tersebut dilaksanakan dalam rangka meningkatkan kerja sama dan mempererat hubungan baik Angkatan Laut India dan Angkatan Laut Indonesia maupun kedua negara yang telah terbina selama ini.
 
KRI Pati Unus-384 yang dikomandani Letkol Laut (P) Eka Prabawa, sehari-harinya merupakan kapal di bawah binaan Satuan Kapal Eskorta (Satkor) Koarmabar merupakan perwakilan dari Angkatan Laut Indonesia untuk berpatisipasi dalam kegiatan MILAN 2012 yang diselenggarakan Angkatan Laut India.

Operasi Satgas MILAN 2012 mempunyai sasaran di antaranya terjalinnya kerja sama antar Angkatan Laut Indonesia dengan Angkatan Laut Negara peserta Milan 2012,Tercapainya diplomasi TNI AL sebagai salah satu tugas yang diembannya, tercapainya tingkat kesiapan unsur TNI AL dalam hal ini KRI Pati Unus-384 sesuai dengan fungsi asasinya, terpeliharanya profesionalisme ABK melalui latihan selama Lintas Laut dan Passex.

KRI Pati Unus-384 yang terlibat dalam MILAN 2012 akan mengikuti serangkaian kegiatan. Di antaranya, kunjungan muhibah TNI AL (KRI PTS – 384) ke Port Blair India, mengikuti seminar tentang ”Building Capacity Through Maritime Cooperation”, Diskusi dan latihan bersama Angkatan Laut India (Table Top Exercise), olah raga bersama, cocktail party, atraksi kebudayaan dan makanan tradisional, kirab kota dan Passex.

Pelayaran KRI Pati Unus-384 menuju Port Blair India telah dilaksanakan sejak minngu 22 Januari 2012 dengan rute Jakarta – Tanjung Uban – Sabang – Port Blair – Belawan - Tanjung Uban – Jakarta. Personel yang terlibat dalam Satgas MILAN 2012 ini berjumlah 102 Personel terdiri dari 85 orang ABK KRI Pati Unus-384, 12 orang Staf Satgas MILAN 2012, satu orang Bintara Kesehatan dari Diskesarmabar, dua orang penyelam dari Dislambairarmabar dan dua orang staf Dispenarmabar.

Sumber: PRLM
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...