January 19, 2012

Kehebatan Tank Leopard 2

VIVAnews - Indonesia merencanakan menambah kekuatan militernya. Rencananya, 100 tank jenis Leopard 2A6 akan dibeli pemerintah dari Belanda.

Kepala Staf Angkatan Darat, Jenderal Pramono Edhie Wibowo, menyatakan Leopard asal Belanda cocok untuk kawasan Asia Tenggara, termasuk Indonesia.

Leopard 2 ini merupakan tank andalan Jerman pada masa lalu. Tank tempur utama Jerman ini merupakan pengembangan dari Leopard 1,
dikembangkan oleh Krauss-Maffei pada awal 1970. Tank ini pertama kali digunakan pada 1979. Dan kini sudah lebih dari 3.480 Leopard 2 telah diproduksi.

Angkatan Darat Jerman pertama kali menggunakan Leopard 2 dalam perang di Kosovo. Tank ini juga pernah digunakan pasukan Kanada dan Denmark di Afganistan.

Leopard tipe 2A6 ini merupakan salah satu tank tempur terbaik di dunia. Bahkan, laman www.military-today.com menyebutkan kualitas tank ini melebihi tank jenis Abrams M1A2, Challenger 2 dan Leclerc dalam hal perlindungan, daya tembak dan mobilitas.

Leopard 2A6 ini juga dilindungi bahan lapis baja generasi terbaru. Dan lebih canggih dibanding pendahulunya, tipe 2A5.

Untuk persenjataan, Leopard 2A6 menggunakan kanon Rheinmetall kaliber 120 mm. Senjata ini dirakit sesuai dengan standar NATO. Selain itu, tank ini memiliki persenjataan sekunder berupa senapan mesin kaliber 7,62 mm.

Kendaraan tempur ini dapat diisi 4 orang yakni komandan, penembak, pengisi peluru, dan sopir. Mesinnya, diesel MTU turbocharged dengan 1.500 tenaga kuda. Tank berbobot 62,3 ton ini memiliki panjang 7,7 meter, lebar 3,7 meter, dan tinggi 3 meter.

Sumber : Vivanews


Pentingnya Tank Leopard di Mata Roy Suryo

INILAH.COM, Jakarta - Rencana pembelian 100 unit tank Leopard bekas dari Belanda dinilai realistis guna memenuhi Minimum Essensial Forces (MEF) TNI.

"Rencana Pembelian 100 tank Leopard adalah realistis dan sesuai MEF TNI, demi NKRI," ujar anggota Komisi I DPR Roy Suryo, melalui pesan singkatnya, Kamis (18/1/2012).

Roy membantah jika Komisi I telah memutuskan menolak rencana pembelian tank tersebut. Menurutnya, hal tersebut masih dalam tahap pembicaraan.

"Semua dalam pembicaraan. Termasuk peningkatan Sarana dan prasarana kesejahteraan dan kesehatan Anggota," jelasnya.

Jelasnya, pembelian tank ini dalam rangka peningkatan kapasitas pertahanan negara. Tidak ada salahnya jika TNI membeli tank bekas Belanda tersebut.

"Pembelian 100 tank Leopard untuk perawatan alutsista sekaligus kemampuan anggota, jadi semua ada Porsi dan Insya Allah sesuai MEF TNI yang disepakati," tegasnya.
 

Sumber: Inilah 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...